BAB 7 PEMASARAN

Standar

BAB 7

PEMASARAN


PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

1. Pengertian pemasaran

Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

2. Penciptaan faedah bagi konsumen

Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.

Kegiatan pemasaran menciptakan 4 faedah :

1. Faedah waktu

Diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya.

2.Faedah tempat

Faedah yang diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.

3. Faedah milik

Diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.

4. Faedah informasi

Diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran suatu produk                  kepada konsumen.

3. Konsep pemasaran

Adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

4. Pendekatan studi pemasaran

Macam-macam pendekatan :

  1. Pendekatan serba fungsi (functional approach)
  2. Pendekatan serba lembaga (institutional approach)
  3. Pendekatan serba barang (commodity approach)
  4. Pendekatan serba manajemen (managerial approach)
  5. Pendekatan serba sistem (total sistem approach).

5. Pendekatan serba fungsi

fungsi pokoknya adalah :

  1. Penjualan
  2. Pembelian
  3. Pengangkutan
  4. Penyimpanan
  5. Pembelanjaan
  6. Penanggungan resiko
  7. Standardisasi dan grading
  8. Pengumpulan informasi pasar

6. Pendekatan serba lembaga

Lembaga tersebut adalah :

  1. Supplier yang menyediakan bahan kepada produsen
  2. Produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi
  3. Perantara pedagang : pedagang besar dan pengecer
  4. Perantara agen
  5. Perusahaan saingan
  6. Pembelian akhir

7. Pendekatan serba barang

Disebut juga pendekatan organisasi industri, merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.

8. Pendekatan serba manajemen

Memplajari pemasaran menitik beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.

9. Pendekatan serba sistem

Sumber pemasaran adalah : kumpulan lembaga-lembaga yang melakukantugas pemasaran, barang,jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh, dan membentuk serta mengetahui hubungan perusahaan dengan pasarnya.

STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN

Kepala subbagian perencanaan pemasaran dan pelayanan alat penu njang bertanggung jawab terhadap masalah-masalah ;

  1. Perencanaan
  2. Periklanan
  3. Riset pemasaran
  4. Analisis dan pengawasan penjualan
  5. Anggaran penjualan
  6. Peramalan penjualan
  7. perencanaan saluran,teritorial dan kuota
  8. pengawasan persediaan
  9. penjadwalan produksi
  10. distribusi fisik

PASAR

1. Pengertian pasar

Pasar adalah : orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.

tiga unsur penting yang terdapat dalam pasar :

  1. Orang dengan segala keinginannya
  2. Daya beli masyarakat
  3. Kemauan untuk membelanjakan uangnyaPasar industri : pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga yang membeli barang untuk dipakai lagi baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam memproduksi barang lain yang kemudian dijual.
    1. Pasr penjual : suatu pasar yang terdiri atas individu-individudan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud untuk dijual lagi
    2. Pasar pemerintah : terdapat departemen, direktorat, kantor-kantor dinas dan instansi.

3. Segmentasi pasar

Adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.

MARKETING MIX DAN PRODUK

1. Pengertian marketing mix

Adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, promosi dan sistem distribusi.

2. Pengertian barang

Barang/produk adalah suatu sifat yang komplex baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba , termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.

3. Penggolongan barang menurut tingkat pemakaian dan kekongkritannya

  1. Barang tahan lama (durable goods)

Adalah barang-barang yang dapat dipakai berkali-kali

misalnya pakaian , mesin tulis, penggaris.

2.Barang tidak tahan lama (nondurable goods)

Barang yang hanya dapat dipakai satu kali atau beberapa kali

Misalnya : bahan baku, sabun, makanan.

3.Jasa

Adalah kegiatan manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual

Misalnya : jasa reparasi, jasa potong rambut dan sebagainya.

  1. Penggolongan barang menurut tujuan pemakaiannya
  2. Barang konsumsi : barang yang dibeli untuk dikonsumsikan.

Dikelompokan menjadi 3 golongan :

  • Barang konvenien
  • Barang shopping
  • Barang spesial
  1. Barang industri : barang yang dibeli untuk di proses kembali atau untuk kepentingan dalam industri baik secara langsung ataupun tidak langsung dipakai proses produksi.

Dibedakan menjadi 5 golongan :

  • Bahan baku
  • Komponen dan bahan setengah jadi
  • Perlengkapan operasi
  • Instalasi
  • Peralatan ekstra
  1. 5. Siklus kehidupan barang (product life cycle)

Tahap-tahapnya :

  1. Tahap perkenalan
  2. Tahap pertumbuhan
  3. Tahap kedewasaan dan kejenuhan
  4. tahap kemunduran
  1. 6. merk

brand adalah suatu nama, istilah simbol atau desain (rancangan) atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atu jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing.

SALURAN PEMASARAN

  1. 1. Pengertian saluran distribusi

Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.

  1. 2. Alternatif saluran distribusi untuk barang konsumsi dan barang industri

Perantara adalah individu lembaga bisnis yang beroprasi di antara produsen dan konsumen atau pembeli industri.

Macam-macam perantara yang ada adalah :

  1. Pedagang besar  : yang menjual barang kepada pengecer , pedagang besar lain, pemakai industri.
    1. Pengecer : yang menjual barang kepada konsumen atau pembeli akhir.
    2. Agen
  1. 3. Saluran distribusi ganda

Faktor-faktor tersebut antara lain :

  1. Jenis barang yang dipasarkan
  2. Produsen yang menghasilkan produk
  3. Penyalur yang bersedia ikut ambil bagian
  4. Pasar yang dituju
  1. 4. Perantara saluran

Melaksanakan berbagai macam fungsi pemasaran : penyimpanan, pengangkutan dan sebagainya.

  1. 5. Pedagang besar

Pedagang besar dengan fungsi penuh : yang melaksanakann semua fungsi pemasaran.

Pedagang besar  dengan fungsi terbatas :  yang hanya melaksanakan satu atau beberapa fungsi pemasaran.

  1. 6. Pengecer

Jenis-jenis pengecer :

  1. General merchandise store
  2. Single line store
  3. Specialty store
  1. 7. Agen

Jenis-jenis agen yang ada antara lain :

  1. Agen penjualan tugas utamanya mencarikan pasar bagi produsen
  2. Agen pembelian tugasnya mencarikan penyedia / supplier bagi para pembeli
  3. Agen pengangkutan tugas utamanya menyampaikan barang dari penjual kepada pembelinya
  1. 8. Jumlah perantara dan saluran

Terdapat tiga alternatif :

  1. Distributif intensif merupakan suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan menggunakan sebanyak mungkin penyalur terutama pengecer agar kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.
  2. Distribusi selektif merupakan suatu strategi perusahaan dengan menggunakan sejumlah pedagang besar atau pengecer yang terbatas dalam daerah geografis tertentu.
  3. Distribusi eksklusif merupakan suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan hanya menggunakan satu pedagang besar atau pengecer daerah  pasar tertentu.
  1. 9. Distribusi fisik
  2. Pengangkutan

Pemindahan barang melalui satu jalur yang mengambil tempat diantara lembaga-lembaga saluran atau antara lembaga saluran dengan konsumen.

Dibedakan menurut dua cara :

  • Penggolongan sesuai dengan metode pengangkutannya
  • Penggolongan sesuai dengan bentuk hukumnya
  • Penyimpanan

PENENTU HARGA

  1. 1. Pengertian harga

Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.

  1. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga
    1. Keadaan perekonomian
  1. Penawaran dan permintaan
  • Penawaran adalah sejumlah yang ditawarkan oleh penjual pada suatu tingkat harga tertentu.
  • Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli oleh pembeli pada tingkat harga tertentu.
  1. Elastisitas permintaan
  • Inelastis
  • Elastis
  • Unitary elasticity
  1. Persaingan
  2. Biaya
  3. f.     Tujuan perusahaan
  4. Pengawasan pemerintah
  1. 3. Metode-metode penetapan harga
    1. Penetapan harga biaya plus

BIAYA TOTAL + MARJIN = HARGA JUAL

  1. Penetapan harga mark-up

HARGA BELI + MARK UP = HARGA JUAL

  1. Penetapan harga break even

BIAYA TOTAL = BIAYA TETAP + BIAYA VARIABEL

  1. Penetapan harga dan hubungannya dengan pasar
  1. 4. Politik penetapan harga
    1. Penetapan harga psikhologis
    2. Price linning
    3. Potongan harga
    4. Penetapan harga geografis

PROMOSI DAN PERIKLANAN

  1. 1. Promosi

Merupakan salah satu variabel marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.

Kegiatan yang ada dalam promosi ada empat yaitu :

  1. Periklanan
  2. Personal selling
  3. Promosi penjualan
  4. Publisitas dan hubungan masyarakat
  1. 2. periklanan

periklanan adalah komunikasi non individu , dengan sejumlah biaya , melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non laba, serta individu-individu.

Masalah yang akan dibahas :

  1. tujuan periklanan
  • mendukung program personal selling dan kegiatan promosi lain
  • mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai salesman dalam jangka waktu   tertentu
  • mengadakan hubungan dengan para penyalur, misalnya dengan mencantumkan nama dan alamatnya.
    • Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru
  1. jenis periklanan
  • periklanan barang
  • periklanan kelembagaan
  1. media periklanan
  • surat kabar
  • majalah
  • radio
  • televisi
  • pos langsung
  1. biro periklanan

merupakan lembaga bisnis yang berdiri sendiri, yang mengkhususkan kegiatannya dibidang perencanaan, pengembangan dan penempatan periklanan bagi langganannya.

PERSONAL SELLING, PROMOSI, PENJUALAN, PUBLISITAS

  1. 1. personal selling

Adalah interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditunjukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.

  1. Proses personal selling
  • Persiapan sebelum penjualan
  • Penentuan lokasi pembeli potensial
  • Pendekatan pendahuluan
  • Melakuakan penjualan
  • Pelayanan
  1. Jenis tugas penjualan dan salesman
  • Trade selling dan merchendising salesman
  • Missionary selling dan detailman
  • Technical selling dan sales engineer
  • New business dan poineer product salesman
  • 2. Promosi penjualan

Merupakan istilah yang berbada dengan promosi karena hanya merupakan satu kegiatan alam promosi.

3. Publisitas

Merupakan suatu kegiatan promosi yang dilakukan melaluai suayu media, namun informasi yang tercantum tidak berupa iklan tetapi berupa berita.

TUGAS PENGANTAR BISNIS

NAMA : MARIATUL QIBTIAH

KELAS : 1EB19

NPM      : 24210216

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s